Pelatihan Desain Grafis dan Videografi untuk Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan FBE UII

Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia menggelar pelatihan desain grafis dan videografi untuk Tim Marketing Communication Program Studi Akuntansi Perpajakan. Acara yang berlangsung pada Senin, 18 November 2024 tersebut bertujuan untuk membekali Tim Marketing Communication Program Studi Akuntansi Perpajakan dengan keterampilan kreatif di era digital.

Bertempat di ruang Lab Komputer Lantai 2 Sarjana Terapan FBE UII, pelatihan ini menghadirkan praktisi desain grafis dan videografi profesional. Sesi pertama yang berfokus pada desain grafis dipandu oleh Rosikhul Ilmi, seorang graphic designer ternama yang membantu di PSS Sleman sekaligus alumni Ilmu Komunikasi UII. Rosikhul membahas tentang penguasaan software seperti Adobe Photoshop dan Canva, serta prinsip-prinsip desain untuk branding dan media sosial.

Sesi kedua adalah pelatihan videografi yang disii oleh Jogi Syamanta. Beliau adalah videografi spesialis dari Universitas Islam Indonesia. Pelatihan videografi tersebut memperkenalkan teknik pengambilan gambar, pengeditan menggunakan Adobe Premiere, serta trik story telling visual untuk konten promosi. Mahasiswa juga diajak praktik langsung membuat video pendek, mulai dari konsep hingga produksi.

Menurut Ketua Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan Ibu Selfira Salsabilla, SE., M.Ak., CA. pelatihan ini dirancang untuk mengasah kemampuan soft skills Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan, khususnya dalam bidang komunikasi visual. “Kemampuan desain grafis dan videografi saat ini sangat penting, terutama untuk media promosi Prodi akuntansi perpajakan yang kelak akan membutuhkan presentasi kreatif untuk menjelaskan data atau memasarkan Prodi Akuntansi Perpajakan,” ujarnya.

Salah satu peserta, Eka Lulu, mengungkapkan antusiasmenya: “Pelatihan ini membuka wawasan kami. Ternyata, kemampuan kreatif juga relevan dalam bidang akuntansi, terutama untuk memvisualisasikan data secara menarik”.

Diharapkan, pelatihan ini dapat menjadi awal pengembangan keterampilan Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan di luar bidang akademik utama mereka, sehingga mampu bersaing di dunia kerja yang semakin dinamis.